Inilah Cara Anda Mengucapkan “CHARON”

NAMA CHARON mulai naik ke saya. Tiap-tiap pertemuan, pertemuan wartawan, interview saya dengar nama bulan paling besar Pluto dikatakan dengan cara tidak sama. Saya bersumpah pada Hades, kadangkala saya dengar orang yg sama mengucapkannya dengan dua trik. Memang, saya jet lag, kurang tidur, serta kopi di area wartawan suam-suam kuku serta dari Dunkin ‘Donuts (ada apakah, NASA? ) , Namun saya mulai terasa seperti ada yg mengacaukan diriku.

Jadi saya mulai ajukan pertanyaan terhadap beberapa orang — banyak orang yg memanfaatkan polos hitam berhiaskan logo New Horizons sembilan segi : ” Bagaimana Anda menyampaikan nama bulan paling besar Pluto? ” Saya kurang jauh buat dapatkan hasil survey yg berarti, namun saya memang mencari tahu kenapa akhirnya senantiasa beraneka.

Baca : therion dna 133

Itu lantaran saya bersua dengan Will Grundy, satu diantaranya relasi penyelidik New Horizons serta seseorang astronom di Lowell Observatory. ” Yah, trik Yunani asli buat mengucapkannya merupakan Gheghron, ” ujarnya, memajukan kata itu keluar dari tenggorokannya begitu merupakan loogie Klingon yg besar serta gemuk. Kotor, namun rasional. Bahkan, Charon merupakan tukang perahu yg membawa jiwa-jiwa terkutuk melintasi sungai Styx ke lokasi Pluto. Namun astronom yg berikan nama bulan itu bahkan juga tidak mengerti terkait mitos Yunani disaat ia menentukan nama itu1.

Jim Christy, yg menemukannya bulan pada 1978, udah janji pada istrinya, Charlene, kalau dia bakal menamai benda itu dengan nama wanita itu. Lihat, nama istrinya merupakan Charlene, jadi ia ambil nama julukannya — Char — serta melemparkan sebuah-pada selanjutnya buat perihal sains.

Sejumlah mitranya udah melobi buat menamai bulan Persephone (Pluto sang ratu yg diculik dewa) , jadi ia mulai mengerjakan analisa. Kala tersebut dia menemukannya mitos Yunani, serta dengan alasan itu, populasi astronomi dengan cara informal mengambil Charon akhir tahun itu, kemudian dengan cara sah pada tahun 1985.

Baca Juga : mod smoant charon

Jadi apakah hubungan dengan pengucapannya? Sejumlah besar astronom, kata Grundy, mengucapkannya ” Berbagi-pakai, jadi ujung topi untuk Jim serta istrinya. ” Namun lantas ia membawa pundak serta mengemukakan banyak orang mondar-mandir selama waktu. ” Kita semua mengemukakannya saling dalam sebuah kalimat. ”

Sangatlah? Kawan, itu trik yg hebat buat bikin nomenklatur. Hilang ingatan, bahkan juga.

1 Inovasi 14 : 26 ET 20 Juli 2015. Artikel Sky & Telescope dari 2008 ini punyai semuanya episode penamaan dengan cara komplet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s