Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR

Langkah ini mungkin tidak punya pengaruh besar dalam selamatkan pemanasan global, tetapi sekurang-kurangnya bermanfaat untuk tahu beberapa feature camera digital single-lens reflex (DSLR) yang mengisap daya baterei sangat banyak. Anda tentu saja tidak ikhlas saat ingin menyimpan peristiwa bernilai, tidak diduga saja daya baterei camera digital Anda habis.

Mungkin perihal ini tidak jadi permasalahan saat Anda melancong dalam tempat yang menyiapkan banyak saluran listrik. Lantas bagaimana bila Anda melancong dalam tempat outdoor, seperti pegunungan atau daerah pelosok yang belumlah mempunyai sarana listrik?

Dalam keadaan ini Anda mesti pintar-pintar mengendalikan taktik. Tersebut cara-cara yang dapat Anda kerjakan supaya mengkonsumsi baterei camera DSLR Anda lebih irit serta bertahan lama.

Aktifkan Feature ‘Auto Power Off’

Trick yang paling penting ialah aktifkan ‘Auto power off’. Feature ini dengan automatis akan tempatkan camera di tempat standby saat tidak dipakai (dapat saat satu menit sampai 30 menit), bergantung penyusunan. Camera bisa On kembali dengan selekasnya sesudah Anda mendesak ‘setengah’ tombol rana.

Ini pula bermanfaat saat Anda lupa untuk mengalihkan tuas On ke Off sesudah tuntas beraktivitas memphoto. Manfaat ‘Auto power off’ bisa Anda setting di menu penyusunan camera. Diluar itu Anda dapat juga mematikan bunyi ‘Beep’ pada camera. Umumnya bunyi itu akan keluar saat camera lakukan manfaat auto konsentrasi atau self-timer.

Walau tidaklah terlalu mengisap daya baterei, bunyi ‘Beep’ dapat Anda matikan saat betul-betul tidak dipakai. Perihal ini butuh dikerjakan waktu Anda lakukan pemotretan di acara pernikahan. Pasalnya bunyi ‘Beep’ bisa mengganggu khidmadnya peristiwa pernikahan.

Kurangi Pemakaian Monitor LCD

Monitor LCD ialah salah satunya sarana camera yang mengonsumsi daya baterei lumayan besar. Untungnya DSLR mempunyai jendela incar optik yang dapat dipakai untuk memphoto. Sebaiknya Anda tak perlu menyalakan feature live view pada saat tanda baterei di camera telah mulai menyusut.

Diluar itu, Anda juga tak perlu seringkali mengecheck hasil photo karenanya bisa dikerjakan dengan menyalakan monitor LCD camera. Langkah yang sangat efektif yaitu dengan mematikan feature auto ulasan, yang dapat Anda setting pada menu penyusunan.

Serta yang cukuplah penting ialah penggunaan lampu flash internal (pop-up flash internal). Salah satunya langkah untuk mengirit baterei camera tentu saja yaitu dengan meminimalkan pemakaian sarana lampu flash. Pakai sinar penambahan itu bila betul-betul dibutuhkan. Menjadi pilihan, cukuplah naikkan penyusunan kepekaan sinar ISO.

Janganlah takut gambar yang dibuat akan muncul noise (muncul bintik-bintik) sebab umumnya camera sekarang ini telah mempunyai feature noise reduction yang dapat kurangi tingkat noise pada gambar.

Pilih Manual Konsentrasi

Manual konsentrasi lebih mengirit baterei daripada auto konsentrasi. Oleh karena itu sebelum mengincar objek yang diharapkan, selekasnya matikan feature auto konsentrasi serta pakai manual konsentrasi. Pada umumnya camera DSLR, konversi ini bisa dikerjakan lewat tuas yang ada pada lensa (pilihan AF/MF). Manfaat auto konsentrasi bisa mengonsumsi daya baterei sebab ketepatan fokusnya dipastikan oleh satu alat elektronik serta motor.

Serta itu tentunya manfaatkan daya baterei yang ada di camera. Untuk mengirit baterei, Anda pun harus menonaktifkan feature stabilizer. Arti ini diketahui dengan nama Vibration Reduction (VR) pada camera DSLR Nikon serta Image Stabilization (IS) pada DSLR Canon.

Walau feature ini bisa menolong untuk kurangi getaran sebab kurang kuatnya tangan saat pemungutan gambar dari jarak jauh (long shot), akan tetapi feature ini mengonsumsi banyak daya baterei sebab mesti menggerakkan komponen-komponen di lensa untuk menantang shake di hasil photo.

Bila Anda mematikan feature stabilizer, diyakinkan mengkonsumsi baterei camera dapat irit sampai 20%. Namun, bila feature ini tidak diaktifkan, Anda mesti kerja sangat keras supaya camera tidak gampang goyang. Triknya dapat memakai tripod serta berlatih memegang camera dengan konstan.

 

Source : kameranc

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s